Ratusan Mahasiswa Prodi PAI Mengikuti Pembekalan PPL 2018

Jombang, 18 September 2018. Ratusan mahasiswa calon peserta Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) mengikuti pembekalan PPL di Gedung lantai 3 (tiga) Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Urwatul Wutsqo Jombang (17-18 September 2018). Sebanyak 154 mahasiswa Prodi PAI STIT Al Urwatul Wutsqo Jombang, yang terdiri dari 81 mahasiwi dan 73 mahasiwa. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan media bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan dasar profesi. PPL diaplikasikan dalam bentuk praktik mengajar dan kegiatan edukasional lainnya di lembaga sekolah ataupun madrasah. Ibu Nurul Lailiyah, S.Pd.I., M.Pd. selaku ketua prodi PAI menjelaskan ketika kami wawancarai: Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tiap tahun yang diselenggarakan untuk memberikan pengetahuan kepada para mahasiswa yang akan mengikuti PPL.

Pada tahun ini, penyelenggaraan Pembekalan PPL dilakukan dalam 2 hari. Hari pertama pada senin 17 September adalah pembekalan bagi mahasiswi. Kemudian pada hari selasa adalah pembekalan bagi mahasiswa. Materi yang disampaikan antara lain adalah gambaran umum PPL, mekanisme pelaksanaan PPL, Penyusunan Laporan, Pemantapan Qur’any dan Visi Misi, Kompetensi Guru dan Etika Guru. Kurikulum 2013, dan Administrasi sekolah serta disampaikan permasalahan-permasalahan PPL pada tahun-tahun sebelumnya, sebagai evaluasi agar  tidak terjadi masalah serupa di pelaksanaan selanjutnya. Dan yang terpenting bisa menyampaikan al Quran dan menjadi pejuang al Qur’an pada lembaga yang ditempati. Tahun ini PPL Prodi PAI akan dilakukan tanggal 1 Oktober-30 Nopember 2018, di 28 Sekolah atau madrasah, baik yang negeri maupun swasta. PPL STIT UW berbeda dengan yang lain, selain terpisah antara kelompok mahasiwa dengan mahasiswi, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) juga terpisah, dimana dosen putra membimbing kelompok PPL putra, dan dosen putri menjadi DPL di kelompok putri, selain itu setiap kelompok mempunyai kewajiban untuk membuat pelatihan guru al qur’an sistem qur’ani dilembaga yang ditempati.

Khudriyah, M.Pd. selaku koordinator PPL 2018 menyampaikan banyak terimah kasih kepada Ibu Ketua STIT UW Jombang Prof. Dr. Hj. Istibsjaroh, SH., M.Ag., wakil ketua I   Ibu Dr. Hj. Mihmidaty Ya’qub, M.Pd.I., wakil ketua II Dr. Hj. Qurrotul Ainiyah, M.HI., wakil ketua III Ibu Dr. Kurroty A’yun, ST., M.Si. Penjamin Mutu Ibu Dra. Hj. Chumaidah Syc, M.Pd.I. dan ketua prodi PAI Ibu Nurul Lailiyah, S.Pd.I., M.Pd, atas bimbingan dan arahan dari beliau-beliau Allahamdulillah kegiatan pembekalan PPL  dapat berjalan lancar serta dapat meningkatkan kualitas dan wawasan pengetahuan mahasiswa tentang PPL. Salah satu peserta Pembekalan PPL, Zubaidi menuturkan, pembekalan ini baik untuk kesiapan peserta di lapangan. “Banyak bekal yang diberikan agar prakik di lapangan berjalan lancar. Materinya bagus dan disampaikan oleh para pakar, ada bapak Dr. H.S Arifin, M.Pd, bapak Mokh. Fakhruddin Siswopranoto, M.Pd.I, ibu Mamik Rosita, M.Pd., dan masih banyak lagi para pakar lain, karena pembeklan ini motivasi diri bertambah, dan tentu saja informasi mengenai PPL semakin jelas”, tutur mahasiswa STIT UW Jombang tersebut. [am]

Leave a Reply

Your email address will not be published.