Kerjasama Pendidikan dan Pelatihan Kurikulum Al Qur’an STIT-UW Jombang dengan INZAH Kraksaan Probolinggo

Kraksaan-Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Urwatul Wutsqo Jombang (STIT-UW)  menjalin nota kesepahaman dengan Institut Ilmu Keislaman Zainul Hasan (INZAH) Genggong Kraksaan Probolinggo tentang pendidikan dan pelatihan kurikulum al al Qur’an serta penandatangan MOU (Memorandum Of Understanding) dilakukan antara Rektor INZAH Dr. Abd Aziz Wahab, M.Ag dan Wakil Ketua 3 STIT-UW Jombang Dr. Kurrorti Ayun M.Si. di Kampus INZAH Genggong Kraksaan Probolinggo, Kamis, 07 Maret 2019.

Sebelum  acara penandatanganan Mou ini dilakukan,  didahului dengan acara pendidikan dan pelatihan kurikulum Al Qur’an  selama 2 hari yaitu tanggal 6-7 Maret 2019. Acara tersebut diikuti sekitar 20 peserta yang terdiri dari jajaran pimpinan, dekan, prodi, dosen dan mahasiswa INZAH. Sedangkan pemateri didatangkan dari pihak Kampus STIT Al Urwatul Wutsqo – Jombang

Abd Aziz Wahab menyambut baik kerjasama ini dan semoga memberikan manfaat untuk kemajuan pendidikan tinggi kedua Kampus. “Saat ini kampus kami sedang  membuat formulasi kurikulum, bagaimana menjadikan kampus yang tidak meninggalkan ciri Khas Pesantren dan berbeda denganKampus lain di Tapal Kuda. Salah satu caranya adalah dengan cara memasukan Kurikulum al Qur’an”, jelas Abd. Aziz.

Lebih Lanjut Abd. Aziz menjelaskan: “tindak lanjut dari Pendidikan dan pelatihan ini adalah kami akan mengirim dosen untuk belajar dan memantabkan materi kurikulum al Qur-an ke STIT-UW Jombang. Setelah itu kami juga akan mengirim mahasiswa yang akan belajar tentang metode Qur-any. Dimana mahasiswa ini akan menjadi tutor bagi mahasiswa yang lain”.

Kerjasama yang dilakukan antara kampus STIT-UW Jombang dengan INZAH Probolinggo antara lain Pertama, pelatihan guru yang memuat materi: a). Lagu Qur’any, b). Baca Tulis al Qur’an, c). Terjemah Dasar, d). Shorof, e). Nahwu, f). Baca Kitab, g). Tafsir Amaly, H). Tafsir Ahkam. Kedua, Pertukaran pelajar/ mahasiswa. Ketiga, Pertukaran Dosen. [msh]

Leave a Reply

Your email address will not be published.