SURABAYA – Tiga dosen STIT Al-Urwatul Wutsqo Jombang berhasil lolos seleksi artikel sekaligus menjadi presentator dalam “The 5th Annual Conference for Muslim Scholars (AnCoMS)”, Selasa (21/11/2023).

AnCoMS 2023 adalah platform interdisipliner utama untuk presentasi kemajuan baru dan temuan penelitian dibidang Islam. Konferensi ini mempertemukan para dosen peneliti terkemuka diseluruh dunia yang aktif digaris depan bidang yang beragam dan multidisiplin. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Koordinator Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (KOPERTAIS) wilayah IV Surabaya ini, sudah digelar untuk yang kelima kalinya.

Kegiatan ini dibuka di Gedung Amphiteater 3 Tower UIN Sunan Ampel Surabaya kemudian dilanjutkan di Hotel Santika Premiere Gubeng Surabaya pada hari Senin-Selasa, 20-21 Nopember 2023 dengan tema “Local Culture Values and Religious Moderation”

 

Kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi atas karya-karya hasil penelitian dosen khususnya di wilayah KOPERTAIS IV Surabaya juga bisa diikuti oleh seluruh dosen diluar Kopertais-4 Surabaya yg hasil akhirnya bisa dimuat pada prosseding atau  jurnal-jurnal.

Ada tiga ratus lebih artikel yang submite pada acara ini, akan tetapi, yang dinyatakan lolos seleksi serta berhak mempresentasikan karyanya adalah 130 karya dosen. Tercatat, ada tiga dosen STIT UW Jombang yang karyanya dinyatakan lolos dan berhak mempresentasikan hasil karyanya didalam forum tersebut, yaitu Dr. Hj. Qurrotul Ainiyah, M. H.I. (masuk dalam klaster hukum), Dr. Moch. Sya’rony Hasan M. Pd. I, (masuk dalam klaster multidisipliner) dan Dr. Ali Mustofa, M. Pd.I (masuk dalam klaster pemikiran).

Setelah acara dibuka, maka dilanjutkan dengan dua spiker yaitu bapak Prof. Abdul Kadir Riyadi, Ph. D (Professor of Sufissm Philosophy- UIN Sunan Ampel Surabaya), dan bapak Dr. Azhar Ibrahim Alwee ( National University of Singapore), dengan moderator ibu Dr. Nabiela Naily, S.Si, M.H.I., M.A

Presentasi yang dilaksanakan pada hari Senin   mulai jam 14.00 – 22.00 WIB dengan dibagi menjadi lima kelompok/kluster. Pada hari ke-2, selasa 21 Nopember 2023 dimulai dengan materi trik khusus artikel dimuat dijurnal berskala scopus dan terakreditasi sinta. Kemudian dilanjutkan sambutan dari Kepala Subdirektorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam bapak Muhammad Aziz Hakim, M.H yang memaparkan tentang kebijakan-kebijakan terkait hibah penelitian dan pengabdian kepada Masyarakat.

Acara ditutup bapak Prof. Akh. Muzakki, M.Ag., Grad.DIP.SEA., M.Phil. Ph.D selaku koordinator kopertais wilayah IV Surabaya, yang dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada yang dapat mengikuti acara ini dan semoga  Ancoms mendatang karya-karya hasil penelitian para dosen lebih berkualiatas (a.m)